Kegiatan Comparative Study ke Adelaide
Australia Selatan,
Oleh : Sokip,M.Pd
A. Hasil Rangkuman Kegiatan
1. Bidang Guru
Persiapan Pembelajaran
Sebagai seorang guru sebelum mengajar harus memiliki persiapan yang sangat membantu dalam
keberhasilan pencapaian hasil pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut disadari betul oleh
guru-guru di dua sekolah yaitu Pilgrim School dan Mount Compass Area School, dimana segala
administrasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran telah mereka siapkan sebelum masuk
ke dalam kelas. Hal ini dapat dilihat ketika observasi dimana semua guru telah mempersiapkan
mulai dari agenda harian, mingguan, daftar mata pelajaran, dan tema yang harus diajarkan setiap
hari dan minggunya, termasuk berbagai alat peraga ada di dalam kelas tersebut dan dalam
keadaan aman tanpa ada siswa yang mengambil atau merusaknya
Proses Pembelajaran
a. Strategi yang dilakukan oleh guru di dua sekolah yang diobservasi mencerminkan
pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Guru menggunakan metode inquiry dalam
setiap pembelajaran yang dilakukan. Setiap permasalahan siswa diminta untuk dapat
menemukan dan memecahkannya bersama dalam pembelajaran. Proses pembelajaran
berlangsung dengan nyaman, siswa aktif, dan merasa senang sehingga pembelajaran lebih
bermakna.
b. Pendekatan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa adalah pendekatan persuasif. Siswa
merasa nyaman berada dalam lingkungan sekolah. Mereka tidak merasa takut dengan
gurunya. Mereka merasa sekolah adalah bagian dari lingkungan keluarganya, hal ini
berdampak pada peningkatan kualitas penbelajaran .
c. Penataan Ruang Kelas
1) Penataan Tempat duduk
Tempat duduk siswa di dua sekolah yang diobservasi pada umumnya berbentuk kelompok
dan dalam proses pembelajaran hampir semua guru tidak begitu memanfaatkan bangku-
bangku dalam kelas tersebut sebagai sarana dalam pembelajaran yang utama, proses
pembelajaran klasikal lebih banyak dilakukan dengan cara duduk bersama dilantai
sehingga tidak mengesankan kekakuan yang berdampak pada kenyamanan siswa.
No comments:
Post a Comment