Saturday 8 March 2014

Kegiatan Comparative Study ke Adelaide

Kegiatan Comparative Study ke Adelaide

Australia Selatan,

Oleh : Sokip,M.Pd

A. Hasil Rangkuman Kegiatan

1. Bidang Guru

Persiapan Pembelajaran

Sebagai seorang guru sebelum mengajar harus memiliki persiapan yang sangat membantu dalam

keberhasilan pencapaian hasil pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut disadari betul oleh

guru-guru di dua sekolah yaitu Pilgrim School dan Mount Compass Area School, dimana segala



administrasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran telah mereka siapkan sebelum masuk

ke dalam kelas. Hal ini dapat dilihat ketika observasi dimana semua guru telah mempersiapkan

mulai dari agenda harian, mingguan, daftar mata pelajaran, dan tema yang harus diajarkan setiap

hari dan minggunya, termasuk berbagai alat peraga ada di dalam kelas tersebut dan dalam

keadaan aman tanpa ada siswa yang mengambil atau merusaknya

Proses Pembelajaran

a. Strategi yang dilakukan oleh guru di dua sekolah yang diobservasi mencerminkan

pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Guru menggunakan metode inquiry dalam

setiap pembelajaran yang dilakukan. Setiap permasalahan siswa diminta untuk dapat

menemukan dan memecahkannya bersama dalam pembelajaran. Proses pembelajaran

berlangsung dengan nyaman, siswa aktif, dan merasa senang sehingga pembelajaran lebih

bermakna.

b. Pendekatan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa adalah pendekatan persuasif. Siswa

merasa nyaman berada dalam lingkungan sekolah. Mereka tidak merasa takut dengan

gurunya. Mereka merasa sekolah adalah bagian dari lingkungan keluarganya, hal ini

berdampak pada peningkatan kualitas penbelajaran .

c. Penataan Ruang Kelas

1) Penataan Tempat duduk

Tempat duduk siswa di dua sekolah yang diobservasi pada umumnya berbentuk kelompok

dan dalam proses pembelajaran hampir semua guru tidak begitu memanfaatkan bangku-

bangku dalam kelas tersebut sebagai sarana dalam pembelajaran yang utama, proses

pembelajaran klasikal lebih banyak dilakukan dengan cara duduk bersama dilantai

sehingga tidak mengesankan kekakuan yang berdampak pada kenyamanan siswa.

No comments:

Post a Comment

bali

bali