ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM
MEMPRODUKSI SILABUS DAN RPP MELALUI PENDAMPINGAN KOLABORATIF DAN WORK SHOP PADA SMP N 2 TALANG PADANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata
pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar,
materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah seperangkat
rencana kegiatan yang diharapakan dilaksanakan peserta didik dan guru. Rencana
kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan
kegiatan penutup. Rencana pelaksanaan pembelajaran ini dijabarkan dari silabus.
Silabus dan RPP merupakan arah jalan road map seorang guru dalam rangka
mencapai tujuan mata pelajaran yang
diinginkan. Arah jalan ini akan mudah dilakukan jika arah jalan tersebut sesuai
dengan konteks, karakter sekolah dan
daerah di mana sekolah itu berada.
Namun, dalam realitasnya banyak Silabus dan RPP yang tidak dapat dijadikan
patokan dan tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini disebabkan silabus
dan RPP hasil copy paste sehingga tidak
sesuai dengan konteks, karakter siswa, dan sekolah serta daerah di mana sekolah
itu berada. Masalah ini terjadi karena beberapa
guru belum mampu mengembangkan silabus,
dan RPP berdasar analisis standar isi, standar proses dan analisis karakter khas siswa, sekolah, dan daerah.
Berdasarkan hal-hal tersebut maka
peneliti mencoba melakukan pendampingan kolaboratif dan work shop untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam dalam mengembangkan silabus dan RPP berdasar
analisis standar isi, standar proses, dan analis karakter khas siswa, sekolah, serta daerah.
Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran;(2) Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran; (3)
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah binaan.
Penelitian ini berlangsung selama 2 bulan, yaitu Desember s.d. Januari.
Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah 2 siklus dengan setiap siklus dua pertemuan.
Ternyata terjadi kenaikan rerata jumlah guru yang memproduksi sendiri silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar, yaitu; pada siklus 1 guru yang memproduksi
sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar berjumlah 7
%, dan pada siklus kedua jumlah guru yang memproduksi sendiri silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar berjumlah 86%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendampingan kolaboratif dan work
shop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memproduksi silabus dan RPP pada
SMPN 2 Talang Padang T.P. 2012/2013.
No comments:
Post a Comment