Tuesday 22 January 2013

Contoh Abstrak PTS


ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU  DALAM MEMPRODUKSI SILABUS DAN RPP MELALUI PENDAMPINGAN KOLABORATIF   DAN WORK SHOP PADA SMP N 2 TALANG PADANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Oleh: M.Munawar

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah seperangkat rencana kegiatan yang diharapakan dilaksanakan peserta didik dan guru. Rencana kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Rencana pelaksanaan pembelajaran ini dijabarkan dari silabus.
Silabus dan RPP merupakan arah jalan road map seorang guru dalam rangka mencapai tujuan mata pelajaran  yang diinginkan. Arah jalan ini akan mudah dilakukan jika arah jalan tersebut sesuai dengan konteks, karakter sekolah  dan daerah di mana sekolah itu berada.
Namun, dalam realitasnya banyak Silabus dan RPP yang tidak dapat dijadikan patokan dan tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini disebabkan silabus dan RPP hasil copy paste sehingga tidak sesuai dengan konteks, karakter siswa, dan sekolah serta daerah di mana sekolah itu berada. Masalah ini terjadi karena beberapa  guru  belum mampu mengembangkan silabus, dan RPP berdasar analisis standar isi, standar proses dan analisis  karakter khas siswa, sekolah, dan daerah.
Berdasarkan hal-hal tersebut maka peneliti mencoba melakukan pendampingan kolaboratif dan work shop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam dalam mengembangkan silabus dan RPP berdasar analisis standar isi, standar proses, dan analis  karakter khas siswa, sekolah, serta daerah.
Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran;(2) Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran; (3) Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah binaan.
Penelitian ini berlangsung selama 2 bulan, yaitu Desember s.d. Januari. Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah 2 siklus dengan setiap siklus dua pertemuan. Ternyata terjadi kenaikan rerata jumlah guru yang memproduksi sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar, yaitu; pada siklus 1 guru yang memproduksi sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar berjumlah 7 %, dan pada siklus kedua jumlah guru yang memproduksi sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar berjumlah 86%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendampingan kolaboratif dan work shop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memproduksi silabus dan RPP pada SMPN 2 Talang Padang T.P. 2012/2013.

No comments:

Post a Comment

bali

bali